Kamis, 24 Januari 2013

Tips makanan sehat untuk ibu hamil

Bagi ibu yang sedang mengandung, sangat perlu memperhatikan makanan yang akan dikonsumsinya. Ingatlah bahwa ada kehidupan lain didalam tubuh anda yang sangat membutuhkan perhatian dari anda.Janin kecil yang sedang tumbuh, dengan izin Allah Ta’ala didalam rahim ukhti akan berkembang sedikit demi sedikit membesar kemudian bertambah besar.Nah, bila anda sangat menginginkan janin anda sehat dan kuat nantinya tentu perlu dilakukan usaha (ikhtiar) kesana dengan mengkonsumsi makanan yang sehat.
Tentunya tak lepas dari do’a kepada Allah azza wajalla agar di karuniakan janin yang sehat maka beberapa pengetahuan disini tentang apa saja yang harus ukhti makan sangat perlu untuk diketahui, semoga bermanfaat, insya Allah.
Makanan yang ukhti makan sedapat mungkin (diusahakan) harus mengandung kalsium, protein, vitaminC, serat, karbohidrat, vitamin A, asam folik, dan zat besi. Sebaiknya makanlah beberapa makanan ini setiap hari.
Sumber makanan yang kaya akan kalsium seperti:
-Susu rendah lemak (skim milk) usahakan meminum susu rendah lemak ini selain kadar kasliumnya yang agak tinggi, insya Allah tidak akan membuat ukhti gemuk karena kadar lemaknya yang rendah dibandingkan dengan susu biasa.
-Ikan sardin dan keju baik keju tua maupun muda
sumber makanan diatas akan membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin ukhti, dan ukhti akan membutuhkan kalsium dua kali lipat dari biasanya. Bila ukhti kekurangan kalsium maka sang bayi akan mengambil persediaan kalsium yang ada dalam tubuh ukhti, bila hal ini tidak ukhti perhatikan maka akan menyebabkan osteoroposis atau keropos tulang diusia muda, dan hal ini banyak diderita oleh para wanita yang pada waktu hamil mengabaikan konsumsi kalsium.
Sumber makanan yang kaya akan protein:
- keju, susu, yogurt, daging berwarna merah (yang tidak berlemak),dan ikan.
Sumber makanan yang kaya akan vitamin C:
-Cabai merah besar (paprika), strawbery dan jeruk. Sumber makanan ini akan membantu pertumbuhan plasenta dan mencegah terjadinya infeksi.
Serat dan karbohidrat:
- sayuran kaya akan serat, begitu pula biji-bijian selain kaya akan karbohidrat juga kaya akan serat seperti gandum, beras merah, kedelai, kacang merah, kacang panjang , lentil dan kacang polong. Makanan berserat ini akan mencegah munculnya sembelit (susah buang air besar) keluhan umum yang diderita ibu selama kehamilan.Karena itu untuk mencegah terjadinya sembelit banyaklah mengkonsumsi makanan berserat.
Vitamin A:
-sayuran berwarna hijau dan merah atau kuning seperti brokoli dan tomat atau paprika berwarna kuning. Makanan yang mengandung vitamin A ini insya Allah akan membantu perkembangan saraf pusat pada janin ukhti.
Asam folik
-terdapat pada brokoli dan bayam
Zat besi:
-terdapat pada ikan tuna dan bayam.
Tidak Mengkonsumsi MSG
Lho…kan pingin makanan yang lezat. tenang bu. kalau Ibu tetap menginginkan makanan dengan penyedap rasa yang nikmat, sekarang ada KALDU ALSULTAN NON MSG. Aman bagi Ibu Hamil. ada rasa SAPI dan AYAM. 
semoga setelah mengetahui informasi diatas ukhti semua dapat mengkombinasikan makanan apa saja yang harus ukhti makan setiap harinya. hindari banyak mengemil makanan yang tidak sehat (junk food) karena akan membuat berat badan ukhti selama kehamilan bertambah banyak sehingga akan sulit menurunkannya setelah melahirkan.Mulailah anda mengkonsumsi makanan sehat dari sekarang selain bermanfaat bagi diri ukhti juga sangat membantu pertumbuhan janin anda, wallahu ‘alam bisshowwab.