Rabu, 30 Januari 2013

Hidup Sehat Dengan Tidak Mengkonsumsi Minuman Bersoda

Bagi anda yang di tahun 2012 kurang memiliki banyak waktu untuk menjaga kesehatan tubuh, tahun 2013 inilah waktu yang tepat untuk memulai semuanya. Evaluasi atas gaya hidup di tahun 2012 harus segera dilakukan. Misalnya, kurang olahraga, kurang aktivitas, kurang istirahat, sering konsumsi fast food dan minuman bersoda, dan tidak bisa berhenti merokok. Penting bagi anda mengubah pola hidup tidak sehat, agar aktivitas anda menjadi lebih baik. Salah satunya adalah mengurangi konsumsi minuman bersoda.
Segar dan melegakan haus, begitulah kira-kira rasanya ketika seseorang selesai meminum minuman bersoda. Tidak mengherankan, di era serba instan, minuman bersoda menjadi favorite.
Tidak banyak manfaat yang bisa diambil dengan meminum soda. Bahkan beberapa masalah kesehatan siap menanti. Karenanya, mengurangi minuman bersoda bisa menjadi salah satu target yang harus dirancang dalam resolusi kesehatan 2013.

Mengurangi Minuman Bersoda Untuk Menghindari Penyakit

Dr. Hans-Peter Kubis, seperti dikutip dalam http://littlenewslittle.blogspot.com mengatakan bahwa terdapat beberapa gangguan tubuh terkait metabolisme, hanya dengan mengkonsumsi soda rutin dalam waktu dua minggu. Resiko penyakit yang ditanggung antara lain, jantung, gagal ginjal dan hipertensi. Mengurangi minuman bersoda bagi yang sudah terbiasa sebenarnya tidaklah sulit. Karena banyak minuman lain yang bisa menjadi pengganti,yang juga memberikan efek melegakan dan menyegarkan.
Tidak hanya jantung, ginjal dan hipertensi yang menjadi sasaran penyakit akibab keseringan konsumsi minuman bersoda. Beberapa penelitian menyebutkan, soda adalah salah satu faktor penyebab karises gigi atau kerusakan gigi. Kadar gulanya yang tinggi menyebabkan tertinggalnya soda di bagian gigi, menjadi lahan subur untuk tumbuhnya bakteri. Di samping gigi, soda tidak baik untuk tulang. Menurut banyak sumber, soda salah satu pemicu pengurangan keepadatan tulang yang mengancam osteoporosis.
Mengurangi minuman bersoda, otomatis juga mengurangi resiko seseorang terserang diabetes. Di samping juga mengurangi resiko untuk menderita gangguan saluran cerna. Minuman bersoda yang dikonsumsi rutin, berakibat pada terkikisnya permukaan saluran cerna seperti lambung dan usus yang sangat mungkin menyebabkan iritasi kronis.

Cara Mudah Mengurangi Ketergantungan Pada Minuman Bersoda

Bagaimana cara mengurangi minuman bersoda, caranya adalah dengan menanamkan niat di awal tahun 2013 ini, sebagai salah satu target. Jikan anda sangat ketergantungan dengan minuman bersoda, mulailah mengurangi minuman bersoda pada 2 bulan pertama terlebih dahulu. Kurangi sedikit demi sedikit  menjelangterbiasa.
Menambahkan banyak air ke dalam minuman bersoda bisa dijadikan solusi. Misalnya dengan menambahkan es batu ke dalam minuman. Komposisi es batu yang lebih banyak, otomatis mengurangi kadar soda di dalamnya, dan berarti membantu anda dalam mengurangi minuman bersoda.
Ada banyak alternatif pengganti minuman bersoda, yang memiliki efek kesehatan. Misalnya saja Juice green tea ataupun lemon tea. Membiasakan diri untuk meminum minuman yang lebih sehat akan membantu anda dalam mengurangi minuman bersoda.
Selalu membaca referensi, bagaimana minuman bersoda dapat mempengaruhi kesehatan anda otomatis akan membantu menjadikan sugesti pada anda, bahwa mengurangi minuman bersoda adalah sesuatu yang penting untuk kesehatan anda.