Senin, 11 Februari 2013

Tips Agar Haid Lancar

Tak semua perempuan memiliki jadwal menstruasi yang tepat waktu, beberapa diantaranya justru datang terlambat. Berikut ini beberapa trik alami yang bisa dilakukan jika terlambat menstruasi.

Menstruasi umumnya memiliki siklus 28 hari yang mana sel telur tidak dibuahi sehingga rusak. Beberapa hal diketahui bisa menjadi penyebabnya seperti stres, ketidakseimbangan hormon, berat badan atau pola makan yang tidak tepat.

Jika telat menstruasi hanya terjadi sesekali saja mungkin tidak masalah, tapi kadang kondisi ini bisa mengganggu fungsi normal tubuh. Meski begitu ada hal-hal alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi keterlambatan menstruasi, seperti dikutip dari Boldsky, Jumat (27/7/2012) yaitu:

1. Anggur adalah salah satu pengobatan rumah yang paling efektif untuk mengatasi menstruasi tertunda. Asupan reguler dari jus anggur ini atau dimakan langsung bisa memperbaiki siklus menstruasi.

2. Mengonsumsi jus tebu secara teratur sejak 2 minggu sebelum jatuh tempo menstruasi bisa menjadi cara yang cukup efektif untuk mengatasi menstruasi yang tertunda. Ini merupakan cara paling umum yang telah dilakukan oleh banyak orang.

3. Minum secara teratur jus lidah buaya bisa membantu tubuh mempertahankan siklus menstruasi secara teratur.

4. Peterseli adalah ramuan lain yang terbilang efektif dan efisien dalam mencegah gangguan menstruasi. Jus peterseli dapat dikonsumsi sehari-hari sebagai cara agar menstruasi teratur.

5. Mengonsumsi buah pepaya dan wortel diketahui dapat merangsang dan mengatur siklus menstruasi agar datang secara teratur dan tidak terlambat.

Siklus menstruasi yang tertunda atau datang terlambat bisa berdampak bagi kesehatan dan terkadang menjadi salah satu gejala dari penyakit yang mendasarinya. Jika menstruasi selalu datang terlambat atau tidak teratur, tak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter.