Jumat, 15 Februari 2013

Khasiat Kunyit Bagi Kesehatan

Tanaman ini banyak kita jumpai di daerah pedesaan atau bisa kita tanam dalam pot atau polibeck dan dapat diperoleh dimana - mana di toko jamu ataupun di pasar banyak sekali manfaat tanaman kunyit. Kunyit ada yang sudah dikeringkan atau yang masih segar (basah).


Kunyit atau kunir atau Curcuma domestica  adalah tanaman yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur ataupun pewarna alami dalam makanan tetapi juga bisa digunakan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Kunyit mengandung kurkumin, 10% desmetoksikumin, 1-5% bisdesmetoksikurkumin.  Zat- zat lain dalam kunyit yang bermanfaat adalah minyak atsiri yang terdiri dari keton sesquiterpen, turmeron, 60% tumeon, 25% Zingiberen, felandren , sabinen , borneol dan sineil. Kandungan lemak dalam kunyit sebesar 1 -3%, 3 % karbohidrat, 30% protein, 8% pati, Vitamin C 45-55%,zat besi, fosfor, dan upkalsium.


Berikut adalah manfaat atau khasiat  kunyit untuk pengobatan:

  1.   Kunyit memiliki kemampuan meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh. Kurkumin memiliki kemamputan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
  2.   Kurkumin pada kunyit memiliki kemampuan menghambat laju pertumbuhan pembuluh-pembuluh darah baru sehingga dengan kemampuan ini kunyit dapat mencegah dan mengobati kanker.
  3.   Efek farmakologis yang terkandung dalam kunyit dapat melancarkan darah dan haid serta mengurangi rasa lelah dan nyeri saat datang bulan atau haid.
  4.   Kunyit mampu sebagai antikoagulan alami yang dapat menghalangi pembekuan darah dan mencegah terjadinya trombosis.
  5.   Kunyit memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah, mengobati diare, sakit lambung,rematik, usus buntu dan asma.
  6.   Sifat analgesik alami kunyit dapat mengurangi rasa nyeri. Sifat analgesik dan antiinflamasinya kunyit dapat mengobati artritis dan rheumatoid artritis.
  7.   Kunyit berpotensi memperpanjang jangka waktu abilitas kognitif otak sehingga dapat menghambat penyakit pikun
  8.   Kunyit juga dapat menyembuhkan pilek pada anak – anak kita dengan cara mengahuluskan kunyit lalu campur kapur sirih sedikit lalu usapkan ke dahi anak atau kehidungnya .
Semoga sedikit tips kami bermanfat bagi anda semua.