Selasa, 22 Januari 2013

Tips Mencegah Flu di Musim Hujan


Musim hujan selalu identik dengan munculnya masalah kesehatan. Cuaca yang dingin, terkadang tidak bersahabat. Apalagi jika di tambah dengan angin yang kencang. Tidak jarang, penyakit seperti diare, sakit kepala, batuk dan flu menjadi mudah sekali berkembangnya. Berdasarkan sebuah survey, angka absensi karyawan dan siswa di musim hujan meningkat dibanding di musim kemarau. Penyakit yang sering sekali diderita adalah flu dan batuk. Mencegah penyakit Flu di musim hujan, mungkin tidak jauh berbeda di banding musim kemarau, hanya ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah datangnya flu di musim hujan ini.

Walaupun sering dianggap penyakit langganan di musim hujan, masih banyak orang yang tidak mempersiapkan diri untuk mencegah penyakit flu, dengan menjaga kesehatan sebelum dan saat musim hujan. Hal inimenyebabkan semakin mudah virus flu menular dan berkembang. Menjaga imunitas tubuh, adalah langkah terbaik mencegah penyakit flu ini.

Hujan dan Cemaran Udara Sebagai perantara Virus Flu

Mengapa bakteri dan virus flu semakin cepat berkembang saat hujan, adalah karena keadaan hujan dan lembab membuat media mereka berkembang semakin baik. Bakteri misalnya, akan lebih menyukai keadaan yang lembab. Virus dan bakteri ini akan bercampur dengan air hujan dan juga cemaran udara lainnya, kemudian terhirup oleh manusia.
Pada umumnya, hujan juga membuat banyak orang harus berkumpul dalam satu tempat. Mungkin karena harus berteduh atau lainnya. Pada saat itulah penyebaran virus dan bakteri bisa terjadi. Daya tahan seseorang yang melemah saat hujan, bisa karena cuaca, dingin, stress membuat penyebaran virus dan bakteri semakin cepat. Oleh karena itu, sebelum sampai ke tujuan mengatasi penyakit flu, ada baiknya seseorang berpikir untuk mencegah penyakit flu ini terlebih dahulu.

Mencegah Penyakit Flu Dengan Istirahat dan Menjaga Pola Makan

Istirahat adalah salah satu faktor utama untuk menjaga daya tahan tubuh dari berbagai macam penyebab penyakit, seperti virus dan bakteri. Di musim hujan, membagi waktu untuk bekerja dan beristirahat sangat penting. Terutama untuk mencegah penyakit flu yang bisa datang tiba-tiba. Begadang terlalu sering juga tidak dianjurkan, karena membuat tubuh akan merasa lelah dan tidak fit keesokan harinya. Mengistirahatkan pikiran di akhir minggu juga disarankan. Tingkat pikiran dan stress yang tinggi, menyebabkan seseorang akan merasa cepat lelah dan berkurang nafsu makan.
Cuaca dingin, terkadang membuat seseorang meningkat nafsu makannya. Tak jarang, konsumsi makanan pun menjadi lebih banyak. Jika makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang sehat, maka hal ini akan sangat baik. Lalu, bagaimana jika makanan yang dikonsumsi tidak sehat. Ini akan menjadi sumber penyakit.
Tetaplah memakan sayur dan buah, agak daya tahan tubuh tetap baik. Seimbangkan juga dengan menu makanan lainnya. Makanan yang seimbang akan membantu tubuh mencegah penyakit flu.

Menjaga Udara dan Lingkungan Bersih dan Sehat

Seperti yang sudah diketahui, udara lembab adalah pemicu munculnya penyakit. Sirkulasi udara yang baik akan membuat lingkungan menjadi bersih dan bebas penyakit. Di, musim hujan, hal ini harus diperhatikan. Buatlah sirkulasi udara di dalam ruangan kamar dan ruangan lainnya di rumah menjadi bersih dan segar. Membersihkan sekat-sekat udara dari debu akan membantu agar jalannya udara lebih lancer.
Tidak hanya udara, perabotan rumah pun harus senantiasa bersih. Mulailah untuk berbenah agar debu yang melekat pada perabot rumah hilang. Hindari penggunaan barang-barang yang bisa menjadi tempat berkumpulnya debu dan kuman, seperti selimut berbulu, boneka berbulu dll.

Mencuci Tangan Dan Berkumur Untuk mencegah Penyakit Flu

Mencuci tangan memiliki banyak keuntungan.  Kebiasan seseorang untuk memegang benda-benda di sekitar adalah pemicu untuk tertular virus dan bakteri. Karenanya, rajin mencuci tangan bisa menjadi cara untuk memutus mata rantai tersebut, untuk mencegah penyakit flu sampai ke tubuh. Tidak hanya penyakit flu yang berkurang, mencuci tangan juga bisa mengurangi kemungkinan seseorang terkena diare, seperti dikutip dalam www.tabloidbintang.com.
Berkumur, walaupun dianggap tidak penting, tetapi sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga bisa mencegah penyakit flu dating. Kuman di dalam mulut yang sampai ke tenggorokan, akan sangat mungkin menyebabkan peradangan pada tenggorokan. Daya tahan tubuh akan menurun bisa ini terjadi. Biasakan berkumur setelah habis makan, bila perlu berkumurlah dengan mentol untuk membuat napas menjadi lebih segar.
Untuk mengatasi penyakit flu di musim hujan, akan di bahas pada tulisan berikutnya. Semoga bermanfaat tips ini .