Rabu, 16 Januari 2013

Kanker Payudara pun Bisa Muncul Tanpa Benjolan

Kanker payudara selalu identik dengan benjolan yang tumbuh di sekitar organ sensitif ini. Namun tidak semua kanker payudara berupa benjolan, karena tanpa benjolan sama sekali pun kanker bisa mengganas."Ada kanker payudara yang tidak ada benjolan sama sekali. Kanker payudara ada 20 jenisnya, mayoritas memang dengan benjolan.

Tapi ada yang namanya inflammatory breast cancer," jelas Dr. Alfiah Amiruddin, MD, MS, konsultan ahli bedah payudara dari RS Mitra Kemayoran, dalam acara Corporate Gathering & Ceramah Kesehatan: 'Trend Terkini Bedah Payudara' di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Selasa (15/1/2013).

Tidak seperti jenis kanker payudara lainnya, Dr Alfiah menjelaskan bahwa kanker jenis ini tidak menunjukkan adanya benjolan sama sekali. Gejala yang ditunjukkan biasanya peradangan (inflammation) seperti bekas gigitan serangga.



"Nggak ada benjolan sama sekali tapi justru yang paling ganas," tambah dokter kelahiran Maros, Sulawesi Selatan, 9 Februari 1968 silam ini.



Pada kanker jenis ini, sel-sel kanker tidak membentuk benjolan di payudara, sebaliknya sel kanker justru memblokir pembuluh getah bening yang biasanya menjaga cairan getah bening yang bergerak pada payudara, seperti dilansir webmd.



Ketika aliran normal cairan getah bening diblokir, dapat membuat payudara terlihat merah dan bengkak dan terasa hangat, seolah-olah itu terinfeksi dan meradang. Pembengkakan juga dapat menyebabkan banyak lesung kecil di kulit.



Karena tanpa ada gejala berupa benjolan, kanker jenis ini seringkali terlambat terdiagnosa dan biasanya sudah menyebar ke bagian organ lainnya. 



"Untuk itu, penting dilakukannya screening bagi wanita berusia di atas usia 40 tahun, apalagi kalau memiliki riwayat keluarga, ibu, tante atau nenek yang menderita kanker payudara, itu naik satu step," tutur Dr Alfiah.



Menurut Dr Alfiah, bagi wanita di atas 40 tahun sebaiknya melakukan screening atau mamografi setiap tahun. Dengan demikian, akan diketahui bila terdapat pengapuran di payudara, yang sudah bisa menandakan adanya kanker.



"Jangan tunggu sampai ada benjolan," tegas dokter lulusan FK Universitas Hasanuddin, Makassar ini.


detikHealth