Selasa, 12 Februari 2013

Pencegah Kolesterol Dengan Daun Jati Belanda

Terdapat banyak sekali jenis tanaman tradisional atau tanaman herbal yang ada di Indonesia yang ternyata memiliki khasiat untuk menurunkan kolesterol. Selain penggunaan tanaman pasak bumi yang banyak terdapat pada daerah kalimantan sebagai tanaman herbal pengontrol kolesterol darah, terdapat juga tanaman tradisional lain yang berguna untuk mengontrol atau menurunkan kadar kolesterol dalam darah yaitu daun jati belanda.
Penggunaan daun jati belanda pencegah kolesterol sepertinya menjadi metode alternatif pengobatan kolesterol yang makin memiliki banyak peminat.Penggunaan daun jati belanda pencegah kolesterol sepertinya tidak dapat dipisahkan dari berbagai jenis kandungan bahan kimia alami yang terkandung di dalamnya yang ternyata berguna untuk mengendalikan pertumbuhan dan pembentukan kolesterol jahat seperti kolesterol LDL dan lemak trigliserilida. Beberapa kandungan daun jati belanda sebagaimana diolah dari berbagai sumber yaitu:
§  Meningkatkan kadar HDL
Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, ekstrak daun jati belanda mempunyai pengaruh signifikan dalam mengontrol kadar kolesterol dalam darah yaitu dengan meningkatkan kadar kolesterol HDL yang berfungsi mengangkut kolesterol LDL tak terpakai kembali ke hati untuk dihancurkan.

§  Ekstrak steroid
Steroid merupakan salah satu zat yang berguna untuk memperlancar peredaran darah. Selain itu steroid juga berguna untuk merangsang pembentukan hormon testosteron yang berpengaruh terhadap pembentukan protein kompleks yang memiliki kerapatan jenis tinggi, seperti halnya HDL yang merupakan salah satu senyawa protein dengan kepadatan tinggi.

§  Triterpenoid
Fungsi senyawa triterpenoid hampir sama dengan steroid yaitu memperlancar peredaran darah dan berguna sebagai anti hyperlipidemia. Hyperlipidemia merupakan salah satu gangguan yang disebabkan tingginya kadar lemak total dalam darah dan salah satu jenis lemak total dalam tubuh adalah trigliserilida.

Berbagai macam kandungan dan manfaat daun jati belanda pencegah kolesterol di atas kiranya dapat dijadikan pertimbangan untuk memilih penggunaan tanaman herbal tradisional dalam pengobatan dan pencegahan tingginya kadar kolesterol dalam darah, termasuk diantaranya mengurangi kadar LDL dan trigliselida serta meningkatkan kadar HDL. Bagaimanapun juga penggunaan bahan-bahan herbal memiliki resiko yang relatif lebih aman dibandingkan penggunaan obat-obatan kimia. Semoga bermanfaat.