Senin, 24 Desember 2012

Khasiat Kencur


Kencur yang memiliki nama latin Kaempferia Galanga ini lebih populer di kenal di Indonesia, sedangkan untuk negara asia lainnya jarang kita temui jenis bumbu dapur ini. Selain digunakan sebagai bumbu dapur dan minuman, beras kencur, kencur ini juga bisa dipakai sebagai obat. Masyarakat sudah sejak dulu menggunakannya sebagai obat luar untuk mengatasi pegal-pegal, bengkak keseleo, terkilir dan sebagainya. Daun tanaman kencur muda juga enak dan sedap dibuat sayur urap yang berkhasiat melegakan, menghangatkan badan dan menambah stamina.

 Khasiat dan Manfaat Kencur
§  Peluruh angin
§  Peluruh keringat
§  Menambah nafsu makan
§  Peluruh dahak
§  Penyegar badan
§  Memperbaiki pencernaan

Pengobatan di Rumah
§  Terkena batuk karena angin dingin dengan slem, takut angin dan dingin, kunyah saja kencur sedikit demi sedikit. Boleh juga dengan garam, lalu minum air matang yang hangat.
§  Bila mual dan ingin muntah serta keringat dingin, buatlah minuman beras kencur yang terdiri dari 1/2 genggam kencur, 2 jari jahe, 1 batang serai, 7 buah kapulaga, 7 buah cengkeh, 5 biji kedawung angria (isinya), +/- 1 sendok makan beras sangrai, 1/2 jari kayu manis. Tumbuh semuanya lalu seduk dengan air panas sebanyak 3 gelas lalu tambahkan gula merah dan garam. Saring dan minum 2 kali sehari sebanyak 1 cangkir.
§  Untuk tetanus, cobalah obati dengan ramuan berikut: rebus 3 jari kencur, 1/2 genggam daun jintan, dan 1/2 genggam daun ngakilo dalam 4 gelas air. Minum 2 kali sehari sebanyak 3/4 gelas.
§  Menderita bengkak keseleo atau terkilir, buatlah boreh beras kencur dengan komposisi sebagai berikut: Rendam 1 sendok makan beras agar mudah digiling, 5 jari kencur, 1 jari lempuyang, 1  jari jahe, garam sedikit dan beberapa tetes minyak gandapura. Tumbuk semua bahan sampai menjadi adonan seperti salep, lalu borehkan di tempat yang sakit sedikitnya 2 kali sehari.