Selasa, 22 Januari 2013

Manfaat Buah Rambutan Untuk Memeliharan Rambut


Musim rambutan sudah tiba. Di sudut-sudut kota Jakarta, buah dengan rasa manis dan segar ini mulai banyak dijajakan. Tidak banyak orang tau, apa manfaat rambutan untuk kesehatan. Bahkan beberapa orang menghindarinya karena rasa manisnya merangsang terjadinya batuk. Tidak salah, karena memang buah ini sering muncul di musim penghujan, dimana penyakit batuk sedahg mewabah.

Namun, jika ditelusuri lebih jauh, sebenarnya manfaat rambutan tidak kalah dengan buah lainnya. Kandungan vitamin dan mineral dalam rambutan pun cukup banyak, misalnya dalam 100 gr buah rambutan mengandung 18 gr karbohidrat, 58 gr vitamin, 70 kalori. Kandungan serat dalam rambutan juga tinggi yaitu 2 gr pada setiap 100 gr buah. (www.manfaatkesehatan.com)
Atas nilai vitamin dan mineral di dalamnya, maka manfaat rambutan untuk kesehatan pun mulai diteliti. Saat ini rambutan mulai banyak digunakan untuk pengobatan disentri dan juga menurunkan panas saat demam. Salah satu manfaat rambutan yang unik adalah untuk menjaga kesehatan rambut.
Daun Rambutan, Menambah Manfaat Rambutan Untuk Rambut
Kandungan utama pada daun rambutan yang menambah manfaat rambutan adalah tanin dan saponin. Daun rambutan, selain digunakan bersamaan kulit rambutan untuk mengatasi diare, juga bisa digunakan untuk menghitamkan rambut. Manfaat rambutan yang terdapat dalam daunnya ini menjadikan beberapa produsen produk rambut, telah menjadikannya salah satu produk untuk masker rambut.
Tidak disangkal, uban adalah salah satu masalah rambut yang menimbulkan kecemasan tersendiri. Untuk mengatasi uban, biasanya orang akan mencari zat pewarna rambut. Sayangnya uban akan muncul lagi dan lagi. Mewarnai rambut dengan bahan kimia terlalu sering, juga tidak baik untuk kesehatan kepala. Karena bahan-bahan kimia itu dapat dipastikan juga ikut terserap di pigmen kepala.
Di zaman dahulu, penggunaan pepaya dan daun rambutan untuk membantu masalah uban telah dilakukan oleh raja-raja. Dari sinilah kemudian penelitian mengenai manfaat rambutan untuk kesehatan rambut mulai dikembangkan. Kandungan saponin, tanin, polifenol dan beberapa hormon yang terdapat dalam daun rambutan disinyalir sebagai zat yang dalam menghidupkan kembali warna pigmen rambut yang mati.
Tidak hanya mengembalikan pigmen rambut yang mati, manfaat rambutan untuk kesehatan kulit kepala juga besar. Dengan terjaganya kesehatan kepala, maka rambut akan tumbuh dengan subur dan rontok akan diminimalisir. Beberapa zat yang terkandung dalam daun rambutan, dapat membantu menghilangkan racun-racun yang menempel pada rambut yang menyebabkan rambut menjadi lemah dan mudah rontok.
Mengolah Daun Rambutan Untuk Rambut
Tidak sulit mengolah daun rambutan untuk merawat rambut. Daun rambutan diambil dan kemudian ditumbuk hingga menjadi halus. Setelah halus, masukan air ke dalamnya, sambil terus diaduk dan terbentuk adonan seperti bubur. Letakan adonana di atas sehelai kain, kemudia peras hingga terpisah airnya. Gunakan airnya untuk membersihkan rambut setiap hari.
Manfaat rambutan untuk membantu kesehatan rambut akan lebih terasa jika dilakukan secara rutin. Namun, jika anda terlalu sibuk untuk membuat racikan sendiri, beberapa produsen kesehatan rambut telah membuatnya sebagai produk rambut berbasil herbal.