Senin, 02 Juli 2012

Ciri-ciri asam urat


Ciri Asam Urat biasanya muncul pada orang-orang yang sudah berumur. Asam urat adalah jenis penyakit yang muncul karena tubuh terlalu banyak mengkonsumsi zat purin. Zat purin hampir terdapat di setiap makhluk hidup yang Anda konsumsi seperti daging dan seafood namun bukan berarti Anda harus menghindari jenis-jenis penyakit tersebut agar terhindar dari penyakit asam urat.Masalahnya adalah zat purin juga jenis zat yang dibutuhkan tubuh, kelebihan dan kekurangan zat purin dalam tubuh dapat sangat berbahaya bagi tubuh.
Oleh karena itu dari pada Anda menghindari mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung zat purin, lebih baik sejak dini Anda harus menguranginya saja, karena penyakit asam urat muncul karena zat purin yang terlalu banyak menumpuk di dalam tubuh.
Gejala Asam Urat

Mengetahui gejalanya penting bagi Anda karena dengan mengetahui Ciri Asam Urat Anda bisa segera mencari solusi. Adapun gejala asam urat yang harus Anda ketahui adalah:
- Sendi terasa ngilu dan linu.
- Kesemutan terlalu sering.
- Saat malam hari dan bangun pagi sendi terasa sakit.
- Sendi yang sering diserang adalah sendi jari kaki dan tangan, tumit serta pergelangan tangan.
Pada kasus yang lebih parah, saat bergerakpun sendi akan terasa sakit. Sehingga tentu saja dapat menghambat aktifitas Anda sehari-hari jika bergerakpun sendi terasa sakit.
Penyebab Asam Urat

Kelebihan zat purin dalam tubuh adalah penyebab utama munculnya penyakit asam urat karena ginjal tidak mampu untuk membuat kelebihan zat tersebut sehingga zat tersebut mengkristal di dalam tubuh. Pada umumnya seorang penderita asam urat juga memiliki indikasi seperti memiliki penyakit darah tinggi, diabetes dan gangguan ginjal. Obesitas juga dapat merupakan indikasi bahwa seseorang rentan menderita penyakit asam urat.
Di banyak kasus, pria dan wanita yang berumur di atas 40 tahun sangat rentan dengan penyakit asam urat. Oleh karena itu saat Anda sudah memasuki usia tersebut pastikan Anda mengkonsumsi makanan-makanan yang tepat dan mengindari makanan-makanan yang mengandung zat purin secara berlebihan. Contoh makanan yang harus dihindari baik oleh penderita asam urat ataupun orang-orang yang berumur diatas 40 tahun yang belum pernah terkenal asam urat adalah seperti jeroan dan seafood. Dua jenis makanan tersebut memang enak dan lezat tapi demi kesehatan tentu saja Anda harus memperhatikan apa-apa saja yang Anda makan sebelum timbul Ciri Asam Urat.