Sabtu, 09 Juni 2012

Menyembuhkan Migran

Migren biasanya didefinisikan sebagai sakit pada sebagan kepala yang biasanya berlangsung sekitar 4 jam hingga 3 hari. Penderita biasanya merasakan sakit yang makin berat saat bergerak atau ketika perasaannya tengah kacau. Menurut penelitian kaum wanita 3 kali lebih banyak mengalami migren daripada kaum lelaki. Berikut ini adalah Tips cepat mengatasi migren:

1. Catat Penyebabnya. Coba catat apa yang memicu migren ini muncul. Saat 3 atau 4 kali terjadi dan Anda bisa mencatatnya, maka akan terlihat apa penyebab munculnya migren tersebut.
Misalnya, saat Anda menstruasi atau saat Anda memikirkan masalah yang belum dapat terpecahkan. Singkatnya, kenali pemicunya, kemudian atasi dan hindari pemicu tersebut. Makan tepat waktu atau makan makanan ringan namun rutin akan mampu menjaga gula darah tetap stabil. Ketika kepala serasa pusing, segera makan makanan arbohidrat misalnya pisang, pasta atau roti.
2. Hindari Stres. Tekan stres dalam kehiduoan dan keseharian Anda. Menghidar sama sekali dari strss memang tidak mungkin, namun redakan dengan cara yang aman. Misalnya dengan latiha pernafasan, meditasi dan semacamnya.
3. Minum Aspirin. Kalau migren tak juga lenyap cobalah minum aspirin. Obat ini lebih aman untuk kesehatan Anda.
4. Minum Air Putih. Dehidrasi yang tidak terasa, kadang juga dapat menimbulkan migren. Jadi usahakan minum airputih secara rutin minimal 2 liter per hari.
5. Pijat Kulit Kepala. lakukan pijatpada kulit kepala. Caranya,dudklah denga relaks, turunkan bahu, longgarkan baju. Lalu pelan-pelan dengan sepuluh jari sisirlah rambut mulai dari dahi. Begitu menyentuh kulit kepala, tekan kulit kepala sambil merayap ke arah belakang. Temukan lokasi terasa sakit waktu tertekan jari-jari Anda. Tekan area yang sakit tersebut beberapa kali, ulangi lagi beberapa menit hingga rasa sakit itu mereda. Dengan redanya area yang sakit tersebut, migren juga biasanya akan mereda.
6. Tidur Yang Cukup. Kurang tidur atau begadang semalaman bisa juga menimbulkan migren.Jadi, saat Anda harus begadang, usahakan untuk ‘membayar’ hutang tidur tadi dengan tidur yang cukup.
7. Periksa Ke Dokter. Kalau 6hal tersebut di atas juga tidak mampu menurunkan pusing Anda, maka ada baiknya Anda periksa diri ke dokter.