Rabu, 13 Juni 2012

Manfaat kacang Hijau Bagi Kesehatan


Tentu kita tahu kacang hijau !! Kacang hijau adalah biji bijian yang berwarna hijau dan sangat baik untuk kesehatan bila di konsumsi. Kacang hijau merupakan makanan yang memiliki kandungan gizi dan kandungan yang sangat baik untuk kesehatan.Nutrisi Penting yang terkandung dalam kacang hijauKacang hijau atau sering disebut Phaseolus Aureus berasal dari bangsa atau kelas polong-polongan. Kandungan protein yang terkandung dalam kacang hijau
cukup tinggi danmerupakan sumber mineral yang sangat penting, antara lain; kalsium dan fosfor yang sangat diperlukan tubuh. Ada juga kandungan lemak yang terdapat dalam kacang hijau yaitu lemak tak jenuh yang tidak berbahaya bagi kesehatan.

Kandungan Protein yang Sangat Tinggi

Kandungan protein yang tedapat dalam kacang hijau sangat tinggi yaitu: sebanyak 24%. Selain kedelai kacang hijau merupakan pengganti protein nabati yang cukup baik. Dalam informasi kesehatan, ibu-ibu hamil sering dianjurkan mengonsumsi kacang hijau agar bayi yang dilahirkan mempunyai rambut lebat. Protein yang cukup baik untuk kesehatan tersebut juga akan berdampak pada sang bayi.

Kalsium dan fosfor Pada kacang hijau

Manfaat kalsium dan juga fospor dalam kacang hijau dapat memperkuat tulang dan gigi. Sehingga sangat kompleks manfaat kacang hijau tersebut

Rendah Lemak

Lemak pada kacang hijau tersusun atas 73% asam lemak tak jenuh dan 27% asam lemak jenuh. Umumnya kacang-kacangan memang mengandung lemak tak jenuh tinggi. Dan manfaat lemak tak jenuh tersebut berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung.

Vitamin B1 (tiamin)

*Untuk pertumbuhan.
* Meningkatkan nafsu makan dan memperbaiki saluran pencernaan.
* Sumber energi
* Memaksimalkan kerja syaraf

Vitamin B2 (riboflavin)

* Membantu penyerapan protein di dalam tubuh

Tidak kalah dengan kacangnya, kecambahnya juga memiliki manfaat seperti:
  1. Sangat baik untuk menjaga keasaman lambung dan memperlancar pencernaan. karena bersifat alkalis (basa).
  2. Antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat membantu memperlambat proses penuaan dan mencegah penyebaran sel kanker.
  3. Kandungan vitamin E-nya membantu meningkatkan kesuburan.
Untuk kecantikan, yaitu membantu meremajakan dan menghaluskan kulit, menghilangkan noda-noda hitam pada wajah, menyembuhkan jerawat, menyuburkan rambut dan melangsingkan tubuh.

Semoga bermanfaat bagi anda.